Kanopi baja ringan atau kanopi galvalum akhir-akhir ini menjadi trend baru di tengah-tengah masyarakat. Kanopi sendiri dapat diartikan sebagai benda yang terbuat dari logam atau kain yang dibuat sebagai penutup bagian atas suatu ruangan di bawah atap. Umumnya dibangun atau dipasang untuk memberikan perlindungan dan keteduhan di area tertentu rumah, seperti pada area taman, halaman dan teras.

Membangun kanopi baja ringan merupakan salah satu cara bagi mereka yang tinggal di wilayah beriklim tropis supaya terhindar dari teriknya panas matahari dan perlindungan terhadap hujan ketika berada di bagian luar rumah. Kanopi akan membuat kegiatan bersantai di teras dan taman menjadi lebih nyaman. Bahkan, kanopi baja ringan sering dipakai sebagai garasi tambahan  atau carport untuk melindungi mobil yang terparkir di halaman.

Namun sebelum Anda mendirikan kanopi, sebaiknya Anda memiliki informasi berbagai material rangka kanopi dan penutup atap kanopi supaya Anda bisa menentukan model kanopi yang sesuai keinginan anda.

Beberapa jenis material rangka kanopi, antara lain:

  1. Pipa Besi

Penggunaan pipa besi mungkin bisa dibilang ekonomis. Harga rangka kanopi yang terbuat dari bahan pipa lebih murah jika dibandingkan stainless steel. Tetapi anda wajib melakukan perawatan berkala dengan pengecatan zat anti karat zinchromate supaya kanopi Anda tetap kokoh dan awet.

  1. Stainless Steel

Bahan stainless steel mempunyai sifat yang kuat, kokoh dan anti karat, jadi lebih mudah perawatannya. Kekurangan bahan jenis ini adalah harga yang mahal dan cara pemasangannya cukup rumit. Beberapa orang beranggapan kanopi berbahan stainless steel akan tampak lebih elegan.

  1. Baja Ringan

Rangka kanopi baja ringan mempunyai bentuk batangan sehingga mudah pemasangan rangkanya. Bahan baja ringan yang ringan, kuat dan anti karat tidak memerlukan perawatan yang ekstra.

 

Material atap kanopi yang umum dipakai adalah:

  1. Polikarbonat

Sinar matahari mampu menembus bahan polikarbonat sehingga bisa menjadi pilihan Anda yang memang ingin bersantai dengan sedikit sinar matahari. Tapi kekurangannya adalah Anda perlu melakukan pembersihan secara rutin karena bahan ini mudah kotor oleh jamur dan debu.

  1. Membrane

Membrane merupakan bahan yang dijual dalam bentuk yang tipis dengan berbagai macam warna. Meskipun tipis, bahan membrane tidak gampang robek dan tahan terhadap cuaca ekstrim.

  1. Zincalume atau Galvalum

Zincalume merupakan bahan sejenis seng yang dibuat dari baja lapis. Daya tahan Zincalume terhadap panas sangat tinggi sehingga area bawah kanopi lebih terasa sejuk. Kelebihan lainnya, bahan ini juga cukup kuat, awet dan tidak mudah kotor.

  1. Kaca

Penggunaan penutup kanopi dari material kaca akan menjadikan kanopi rumah tampak elegan dan lebih mewah. Tapi, kekurangannya adalah kaca rawan pecah dan akan memerlukan perawatan berkala agar selalu tampak bersih.

 

Sumber : http://galvalumart.com