Rumah pribadi Anda seharusnya mempunyai pelindung dari unsur matahari, hujan, serta angin. Banyak master feng shui yang selalu menyarankan pemilik bangunan atau rumah untuk mendirikan rumah dengan atap yang baik dan layak. Atap rumah hoki dapat diibaratkan topi yang biasa dipakai di kepala. Topi tersebut haruslah didesain dan dipasang sebaik-baiknya. Apabila hal tersebut tidak dijalankan, akan muncul ketidakseimbangan yang pada akhirnya membawa feng shui kurang baik masuk ke rumah yang sedang Anda tinggali.

Atap segitiga merupakan salah satu desain atap rumah hoki yang dinilai sangat baik menurut feng shui sebab dapat menyalurkan kelebihan air di atas mengalir ke bawah sehingga tidak terkumpul di atas atap. Meski demikian, desain segitiga dapat memunculkan masalah bagi tetangga kita bila ujung segitiganya mengarah ke pintu tetangga. Sebaiknya Anda tidak membiarkan hal itu terjadi karena mungkin saja tetangga memakai cermin Pa Kua untuk menangani atap segitiga, dan mengirimkan energi berbahaya menuju rumah Anda.

Selain itu, Anda sebaiknya tidak membuat atap itu miring ke salah satu sisi karena hal itu bisa berakibat keberuntungan penghuni terkikis perlahan. Tidak peduli ke bagian/ arah mana atap itu miring. Anda juga tidak boleh membentuk atap tersebut besar pada bagian depan tapi kecil pada bagian belakang, sebab atap semacam itu melambangkan seseorang yang berhasil/ sukses di awal tapi keberuntungannya perlahan berkurang.

Hindari menggunakan atap yang memiliki bentuk uang logam yang memiliki bentuk seperempat lingkaran sebab bentuk mirip empat lingkaran hampir tidak memiliki chi sehingga kurang membawa kebaikan dan bahkan dapat berpengaruh pada vitalitas penghuni rumah.

Bagi orang yang bekerja sebagai tentara atau di angkatan bersenjata, rumah yang memiliki atap berbentuk bulan sabit dinilai cocok karena mempunyai banyak unsur logam. Aturlah agar besarnya atap seimbang sesuai besar rumah sebab atap yang terlalu besar akan menciptakan feng shui kurang baik dan dapat menjadi perlambang penghuni rumah akan sering tidak beruntung.

Hindarilah atap rumah berbentuk tanduk sebab dapat ‘membelah’ rumah yang dapat berakibat terbelahnya keluarga penghuni rumah tersebut. Apabila bangunan rumah terdiri dari beberapa lantai, akan lebih bagus jika tidak memakai atap yang rata, sebab atap datar dianggap sebagai pelindung hunian yang kurang baik.

Disarankan membangun atap berbentuk bulat penuh tanpa awal dan akhir. Bentuk atap rumah hoki tersebut adalah bentuk kesempurnaan dan umumnya digunakan oleh beberapa kelompok beragama.

Selain atap bulat, atap piramida juga lumayan bagus karena memiliki bentuk kuat dan misterius. Atap rumah hoki bentuk ini mempunyai energi yin yang lumayan hebat. Karena kelebihan itu, atap seperti ini umumnya digunakan di museum dan tempat-tempat yang memerlukan energi yin. Meski begitu, atap bangunan berbentuk piramida kurang cocok untuk tempat tinggal dan kurang sesuai untuk kompleks pertokoan dan perkantoran.

Sementara itu, pewarnaan atap berwarna biru sebisa mungkin dihindari karena melambangkan konsep air di atas gunung. Pakar feng shui berpendapat bahwa air di atas gunung bisa memecahkan bendungan dan air yang tumpah dapat menyebabkan kehilangan, kelaparan, bahkan kematian. Genteng yang layak dijadikan atap rumah hoki sebaiknya berwarna merah dan merah tua.

 

Sumber : http://galvalumart.com